Perbedaan WEP,WPA,WPA2,Hotspot Login, dan Keamanan MAC Address Filtering



  1. WEP ( Wired Equivalent privacy)


  shared key atau WEP adalah suatu metode pengamanan jaringan nirkabel atau wireless. WEP merupakan standart keamanan dan enkripsi pertama yang digunakan oleh wireless. Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukan oleh administrator ke client maupun access point, kunci tersebut harus cocok dari yang diberikan access point ke client dengan yang di masukan client untuk authentikasi menuju acces point.
Proses Shared Key Aunthentication :
  1. client meminta asosiasi ke access point, langkah ini sama seperti Open System Authentication.
  2. access point mengirimkan text challenge ke client secara transparan.
  3. client akan memberikan respon dengan mengenkripsi text challenge dengan menggunakan kunci wep dan mengirimkan kembali ke access point.
  4. access point memberi respon atas tanggapan client, akses point akan melakukan decrypt terhadap respon enkripsi dari client untuk melakukan verifikasi bahwa text challenge dienkripsi dengan menggunakan WEP key yang sesuai. Pada proses ini, access point akan menentukan apakah client sudah memberikan kunci WEP yang sesuai. Apabila kunci WEP yang diberikan oleh client sudah benar, maka access point akan merespon positif dan langsung meng-authentikasi client. Namun bila kunci wep yang dimasukkan client salah, access point akan merespon negatif dan client tidak akan diberi authentikasi. Dengan demikian, client tidak akan terauthentikasi dan tidak terasosiasi.
       

       2.WPA (WiFi Protected Access) 


Pengertian WPA adalah standar internasional terbuka untuk aplikasi yang menggunakan komunikasi nirkabel. Tujuan utamanya untuk membangun aplikasi yang dapat mengakses internet dari telepon genggam atau PDA.
Wireless Application Protocol merupakan sebuah protocol pengembangan dari protocol wireless data yang telah ada. Phone.com menciptakan sebuah versi standart HTML (HyperText Markup Language) Internet protocol yang didisain khusus untuk transfer informasi antar mobile network yang efisien.

     3. WPA2 (WiFi Protected Access 2)



WPA2 adalah sertifikasi produk yang tersedia melalui wi-fi alliance. WPA2 sertifikasi hanya menyatakan bahwa peralatan nirkabel yang kompatibel dengan standar IEEE 802.lli. WPA2 sertifikasi produk yang secara resmi menggantikan wired equivalent privacy (WEP) dan fitur keamanan lain yang asli standar IEEE 802.ll. WPA2 tujuan dari sertifikasi adalah untuk mendukung wajib tambahan fitur keamanan standar IEEE 802.lli yang tidak sudah termasuk untuk produk-produk yang endukung WPA.

Sedangkan WPA2-PASK adalah security terbaru untuk wireless dan lebih bagus dari WEP dan WPA-PSK, tetapi masih bisa untuk dicrack atau disadap tetapi makan waktu yang sangat lama. Dalam WPA2-PSK ada dua jenis decryption, Advanced Encryption Standard (AES) dan temporal key integrity protokol (TKIP). TKIP banyak kelemahan oleh itu lebih baik anda gunakan AES. Panjang key adalah 8-63, anda boleh memasukkan sama dengan 64 hexadecimal atau ASCII(seperti biasa).


      4. Hotspot Login



Hotspot adalah suatu istilah bagi sebuah area dimana orang atau user bisa mengakses jaringan internet, asalkan menggunakan PC, laptop atau perangkat lainnya dengan fitur yang ada WiFi (Wireless Fidelity) sehingga dapat mengakses internet tanpa media kabel.
Atau definisi Hotspot yang lain adalah area dimana seorang client dapat terhubung dengan internet secara wireless (nirkabel atau tanpa kabel) dari PC, Laptop, notebook ataupun gadget seperti Handphone dalam jangkauan radius kurang lebih beberapa ratus meteran tergantung dari kekuatan frekuensi atau signalnya.
Fungsi Hotspot yaitu dengan Hotspot kamu bisa melakukan koneksi internet seperti browsing, berkirim email, chatting transaksi bank, mendownload, sambil menunggu seseorang, hangout, maupun saat bertemu dengan rekan bisnis kamu dan lain-lain.


     5.Keamanan Jaringan MAC Address Filtering
Dalam jaringan komputer, MAC Filtering (atau GUI penyaringan, atau lapisan 2 alamat penyaringan) mengacu pada metode kontrol akses keamanan dimana alamat 48-bit ditugaskan untuk setiap kartu jaringan yang digunakan untuk menentukan akses ke jaringan.

Alamat MAC yang unik ditugaskan untuk setiap kartu, sehingga dengan MAC filtering pada izin jaringan dan menolak akses jaringan ke perangkat tertentu melalui penggunaan blacklist dan Whitelist. Sedangkan pembatasan akses jaringan melalui penggunaan daftar sangat mudah, seorang individu tidak diidentifikasi oleh alamat MAC, bukan perangkat saja, jadi orang yang berwenang akan perlu memiliki entri daftar putih untuk setiap perangkat yang ia akan menggunakan untuk mengakses jaringan.
MAC filtering juga digunakan pada jaringan nirkabel perusahaan dengan beberapa jalur akses untuk mencegah klien dari berkomunikasi satu sama lain. Jalur akses dapat dikonfigurasi untuk hanya memungkinkan klien untuk berbicara dengan default gateway, tapi tidak klien nirkabel lainnya. Hal ini meningkatkan efisiensi akses ke jaringan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH EPTIK PERTEMUAN 13

MAKALAH EPTIK PERTEMUAN 14

MAKALAH EPTIK PERTEMUAN 10